R-Kiosk : Extension untuk Firefox Kiosk

Baru-baru ini saya mendapat project yang sedikit berbeda dari project sebelumnya karena dalam project ini terdapat beberapa requirement yang bagi saya merupakan hal yang baru meskipun project ini juga membangun sebuah Web Based Application, like my previous projects. Salah satu request dari supervisor saya adalah : “Pokoknya si admin, operator, ma client  cuma bisa klik ini dan itu, matikan semua fungsi lainnya yang gak ada hubungannya ma behaviour admin, operator, ma client, termasuk right-click mouse, windows shortcut hotkey, etc) ” . Setelah browsing sana browsing sini, nanya kanan kiri (thanks to Rosyid, http://xfree.wordpress.com atas cluenya , R-Kiosk) akhirnya berlabuhlah saya disini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1659/ yang akhirnya tuntas menyelesaikan masalah saya.

firefox-logo

Sebelumnya, mungkin ada yang bingung dengan  judul artikel ini, apa yang dimaksud dengan R-Kiosk. Untuk mengerti istilah tersebut, ada baiknya kita memahami arti dari Kiosk itu sendiri. Ini saya copas langsung dari Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Kiosk_software)

Kiosk software is the system and user interface software designed for a kiosk or Internet kiosk. Kiosk software locks down the application in order to protect the kiosk from users. Kiosk software may offer remote monitoring to manage multiple kiosks from another location. Email or text alerts may be automatically sent from the kiosk for daily activity reports or generated in response to problems detected by the software. Other features allow for remote updates of the kiosk’s content and the ability to upload data such as kiosk usage statistics. Kiosk software is used to manage a touchscreen, allowing users to touch the monitor screen to make selections. A virtual keyboard eliminates the need for a computer keyboard.

Singkatnya, kiosk merupakan suatu user interface dari software yang mencegah si user untuk melakukan sesuatu hal di luar fungsinya sebagai user, seperti membuka tab baru dan bersurfing ria. Istilah Kiosk sendiri banyak digunakan untuk hal lain seperti misalnya Internet-Kiosk yang artinya, user hanya bisa ber-internet, tidak untuk hal lain. Nah, R-Kiosk sendiri merupakan sebuah plugin dari Mozilla untuk mendukung prinsip Kiosk dari suatu aplikasi web based yang berjalan diatas Browser Mozilla Firefox.

R-Kiosk akan membuat Firefox  :

  • Full screen secara otomatis
  • Mendisable semua toolbar dan menu pada Firefox (termasuk meatikan New Tab)
  • Mematikan shortcut key
  • Mematikan fungsi right-click mouse

Dengan begitu, aplikasi web based yang kita buat benar-benar akan membuat si admin, operator, maupun si client melakukan fungsi aslinya. Mereka tidak akan bisa membuka tab baru lalu browsing seenaknya, atau membuka source HTML dari aplikasi kita dengan right-click mouse. Tertarik menggunakannya ?!?!? Silakan ikuti beberapa petunjuk sederhana dibawah ini :

  1. Arahkan browser anda ke https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1659/ untuk mendownload extension ini. Hasil donlotan akan berupa file berekstensi .xpi
  2. Buka Firefox, lalu klik dan drag extension tadi (r-kiosk.xpi) ke dalam firefox drag n drop
  3. Install, lalu restart Firefoxinstall r-kiosk
  4. Selesai

Jika ada pertanyaan, silakan di-share disini 😀 ,

Glend Maatita,
Ditulis di tengah malam yang sepi setelah Lebaran

One Response to R-Kiosk : Extension untuk Firefox Kiosk

  1. Hwiiii…. satu kata buat Glend… sangar.
    Sukses terus buat projectmu Glend

Leave a comment