Yii , The Fastest PHP Framework

Bagi yang suka oprek-oprek framework web, terutama framework php, pasti kenal sama framework yang satu ini. Yes,, that’s Yii, yang di awal kemunculannya cukup mengguncangkan dunia framework karena diklaim sebagai framework tercepat mengalahkan Code Igniter yang selama ini tercatat sebagai framework paling banter. Hasil benchamark dapat dilihat disini.

148uiu

Adalah Qiang Que yang bikin framework ini. Qiang Que sendiri sebelumnya adalah developer dari Prado , framework php berbasis komponen. Makanya gak heran kalo Yii ini sedikit banyak terpengaruh sama Prado. Yii sendiri merupakan framework php yang mengadopsi konsep MVC dalam penggunaanya. Tapi Yii juga pake sistem komponen seperti Prado, membuat saya sedikit bingung waktu nyoba. Tapi secara keseluruhan, framework ini kayaknya oke punya dan membuat saya semakin penasaran.

Yang bikin Yii unik menurut saya selain perpaduan MVC sama Component Based adalah cara kerja dari Yii sendiri. Secara umum bisa diliat dibawah gimana cara kerja Yii ini (disadur dari panduan Yii)

structuresama kayak framework lainnya, Yii menggunakan file index.php untuk menangkap semua request dari user. Tapi yang unik, index.php ini kemudian membuat apa yang disebut ‘application’ atau kalo di panduannya bisa disebut ‘front controller’. Nah application inilah yang menentukan file Controller mana yang akan memproses request dari user dengan bantuan beberapa app components seperti urlManager. Kalo temen-temen pernah nyoba framework kayak Code Igniter, application ini gak akan ada. Request dari user langsung diteruskan sama index.php ke file Controller yang tepat sesuai dengan url atau actionnya.

Gak banyak selanjutnya yang bisa saya jelaskan disini, karena saya sendiri masih nyoba Yii, dan saat ini sedang bergulat dengan kebingungan. hehe.. Tapi mungkin nanti bisa saya share pengalaman saya menggunakan Yii.

2 Responses to Yii , The Fastest PHP Framework

  1. anton hilman says:

    masih bingung cara kerja framework nih mas. gimana sih cara kerjanya? secara garis besar aja

    salam dari padang

  2. made says:

    penasaran nie sama framework satu ini. Kepengen nyoba. thanks infonya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: