USBWebserver : Apache and MySQL portable

Salah satu hal yang paling menyebalkan saat saya beberapa kali memberi pelatihan tentang web adalah masalah web server dan database (xampp). Terkadang komputer yang dipakai buat pelatihan belum terinstall xampp, terkadang pula xampp sudah terinstall namun error. Error bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah port yang digunakan apache sudah terpakai, file corrupt, maupun masalah-masalah kecil lainnya yang tentunya sangat merepotkan saya dan jelas membuang-buang waktu. Pernah suatu ketika, saya dan beberapa teman menghabiskan waktu hampir satu jam hanya untuk menginstall dan mengkonfigurasi xampp. Belum lagi terkadang xampp mengalami gangguan yang disebabkan masalah-masalah yang telah saya sebutkan diatas.

Dan pada suatu kesempatan, ada seorang rekan yang memberi saya suatu solusi yang saya rasa cukup manjur, yaitu USBWebserver. Apa itu USBWebserver ? Pada dasarnya, USBWebserver sama dengan xampp. Yaitu paket software yang terdiri dari Apache webserver dan  MySQL Database yang sudah dibundling dalam satu installer sehingga kita dapat secara mudah menggunakan apache maupun mysql tanpa menginstallnya satu persatu dan mengkonfigurasinya. Yang membedakannya dengan xampp biasa adalah masalah portabilitasnya.

usb1

Cara pakainya juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

1. Download dulu USBWebserver di http://www.usbwebserver.com/download.php . Versi terakhir sejak artikel ini ditulis adalah versi 7.0. File yang didownload berupa file kompressan berekstensi .rar.

2. Ekstrak di sembarang tempat, bisa di harddisk lokal maupun flashdisk bagi yang menginginkan portabilitas.

3. Hasil ekstrak akan berupa folder bernama ‘UsbWebserver’. Masuk ke folder tersebut dan klik 2x file Usb Webserver.exe . Akan tampil window awal dari USBWebserver seperti berikut :

usbw

4. Untuk melakukan berbagai pengaturan, klik Opties.

5. Pada tab Algemeen, untuk memilih bahasa yang digunakan, cukup klik pada dropdown Taal. Ada dua pilihan bahasa disitu, bahasa Belanda (default) dan bahasa Inggris. Ada baiknya kita milih bahasa inggris supaya tidak bingung.

6. Pada tab SMTP, kita bisa mengatur nama host dan portnya serta Email

7. Pada tab Apache kita bisa menentukan port mana yang akan dipakai. Defaultnya adalah 8080 (sebaiknya jangan diganti)

8. Pada tab MySQL, kita bisa mengganti maupun mengosongkan password MySQL

9. Klik tombol Opslaan untuk OK.

untitled

10. Setelah melakukan beberapa konfigurasi yang cocok menurut anda, saatnya mencoba hasilnya di browser. Klik tombol di sebelah kiri Setting sehingga akan tampil pop menu seperti berikut

tes

kalo mau lihat halaman depan localhost di browser, pilih Localhost. Kalo mau lihat halaman Phpmyadmin, pilih PhpMyadmin. Catatan : ketika kita membuka halaman phpmyadmin, kita akan diminta memasukkan username dan password MySQL. Untuk username ketik ‘root’ dan untuk passwordnya masukkan sesuai dengan password MySQL yang anda tentukan di bagian setting pada Tab MySQL (Lihat langkah 8).

11. Untuk mematikan MySQL/Apache/SMTP,  tinggal klik tombol di sebelah kiri tulisan MySQL/Apache/SMTP di bagian atas window

Nah mudah bukan.. ?!!??  Selamat mencoba dan bagi yang mengalami kesulitan bisa dishare disini kesulitannya. Thanks..

6 Responses to USBWebserver : Apache and MySQL portable

  1. Terima kasih ya mas.. hehe, membantu kerjaanku nih..

  2. Budi says:

    Hehe, tapi harus sebutin portnya.. jadi untuk teman2 yang lain jangan hanya mengetik localhost tapi http://localhost:8080/

  3. entung says:

    @budi : makasih mas atas tambahannya
    @sofian : sama-sama mas😀

  4. Reno S. A. says:

    Kalo saya biasa pake XAMPP yang versi compressed (non-installer) untuk web server portabel seperti ini. Tinggal ekstrak ke root flashdisk-nya.

  5. Isnur says:

    mas, skrg kan versi terbarunya USBWebserver 8. tapi kenapa pas selesai di ekstrak trus double klik usbwebserver.exe nya eror ya???
    ada yg udh pernah coba versi 8 ini g?

  6. entung says:

    @Isnur : untuk yang versi 8 saya belum coba mas🙂 . tapi kalo error mungkin bisa pake caranya mas @Reno S. A. , pake xampp compressed atau xampplite

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: