PSB-Online Sidoarjo : 2 Hari yang melelahkan

July 6, 2008

Jam udah menunjukkan pukul 22.30. Aku masih duduk termangu di depan komputer di Diknas Sidoarjo sambil menunggu datangnya konfirmasi dari ICT Sidoarjo soal kepastian fix update website psbsidoarjo.net.

Hm.. udah dua hari ini aku berjibaku di ICT Sidoarjo melayani berbagai protes, komplain, sampai omelan dan cacian dari para guru dan wali murid terkait kepastian anak-anak mereka diterima atau tidak di SMP negeri di Sidoarjo.

Mulanya sih, Sabtu sore, aku pulang dengan riang menyusul kesuksesan simulasi PSB-Online di SMA 5. Ndak taunya, tiba-tiba datang sms dari sekretaris sang Project Manager..

sekretaris : Dek, abis magrib bisa gak ke kampus. Bantuin ngoreksi data. Bisa yah … ??
entung : Ok … Di gedung baru atau gedung lama ??
sekretaris : Di gedung baru lt3. Nanti ikut mas Andre (Project Manager) ke Sidoarjo bantuin ngoreksi data disana
entung : OK.. jam6 aku kesana

Sesampai di sana, langsung cabut ke Sidoarjo, tepatnya di ICT Pusat Sidoarjo. Masuk kompleks bangunan, hawa panas mulai menyelimuti tubuh. Bener aja, pas aku datang keadaan udah gak karuan. Para Guru dan wali murid sudah menerobos ‘restricted area‘ (ruang server dan entry data).

Read the rest of this entry »


SMAN 5 Surabaya go open source

July 3, 2008

Beberapa hari yang lalu, dikarenakan kewajiban saya sebagai staff Data Entry buat PSB-Online Surabaya, dan kebetulan juga saya ditempatkan di almamater saya, SMAN 5 Surabaya, dengan sangat senang hati saya datang lagi ke mantan sekolah saya yang tercinta ini

Pertama datang, sepintas gak banyak perubahan yang terjadi di almamater saya ini. Tapi, setelah liat sana-sini  ternyata banyak juga beberapa perubahan seperti perbaikan lapangan basket, perubahan susunan kelas, dan yang paling ekstrem adalah pembangunan lab komputer bertingkat 2..,, wuih.. perasaan, jaman saya dulu lab kompie gak bagus-bagus amat. Cuma terdiri dari satu ruangan yang gak besar -besar amat, pelajaran yang saya terima semasa SMA cuma pelajaran bikin web SSS (Super Sederhana and Statis) thok, pake notepad lagi. Duuhh.. melasnya !!

Gak cuman tampangnya aja yang sangar, Lab kompie di SMA 5 ini sudah menerapkan kebijakan open source..

Semua kompie di Lab udah pake Linux Ubuntu bro !!!

Yang lebih dramatis lagi, waktu disuruh benerin kompie yang ada di kelas VVIP (baca : SNBI (Sekolah Negeri Bertaraf Internasional), lagi2 OS saya dapati bersarang di kompienya adalah Ubuntu. Gak neko-neko juga, waktu nginstall software buat PSB-Online (kompienya pake di ruang guru SNBI), kuinstall Ubuntu semua komputer yang ada disitu. Jadinya, hampir semua kompie di SMA 5 Sby pake Linux semua.. hehehe..

Ini baru sekolah yang mendidik dan berpendidikan —>> mentang2 alumninya

Salut buat Mas Zul dkk, selaku admin Lab Komputer SMA 5 yang membuat SMA 5 Sby go open source seperti ini.

Peace

^ ^