R-Kiosk : Extension untuk Firefox Kiosk

September 11, 2010

Baru-baru ini saya mendapat project yang sedikit berbeda dari project sebelumnya karena dalam project ini terdapat beberapa requirement yang bagi saya merupakan hal yang baru meskipun project ini juga membangun sebuah Web Based Application, like my previous projects. Salah satu request dari supervisor saya adalah : “Pokoknya si admin, operator, ma client  cuma bisa klik ini dan itu, matikan semua fungsi lainnya yang gak ada hubungannya ma behaviour admin, operator, ma client, termasuk right-click mouse, windows shortcut hotkey, etc) ” . Setelah browsing sana browsing sini, nanya kanan kiri (thanks to Rosyid, http://xfree.wordpress.com atas cluenya , R-Kiosk) akhirnya berlabuhlah saya disini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1659/ yang akhirnya tuntas menyelesaikan masalah saya.

firefox-logo

Read the rest of this entry »

Advertisements

Web Sales Management & Digischool : 2 Project Terakhir

March 20, 2009

Jarang mandi, jarang tidur, dan jarang nyantai.. hehe.. itulah yang dapat menggambarkan bagaimana saya akhir-akhir ini. 2 Minggu yang berat di tengah hantaman tugas kuliah yang semakin hari banyaknya semakin gila, saya sempet-sempetin buat ngerjain 2 project yang sudah menjadi tanggung jawab saya. Pertama, adalah project yang dibilang susah-susah gampang. Gampang karena sebenernya aplikasi ini bisa dikerjakan dalam tempo 2 hari kalo fokus. Susah karena ternyata  saya memang gak bisa fokus akhir-akhir ini, alhasil project ini selesai dalam tempo 2 minggu,, hehe.

Adalah Dashboard Web Sales Management dari Telkom yang saya maksud. Tujuan dibuatnya aplikasi ini sebenernya sederhana, intinya untuk menghindari duplikasi data (Hehe.. kurang jelas ? kalo saya perjelas berarti membongkar rahasia perusahaan). Intinya pokoknya gitu deh, dan aplikasi ini saya buat pake framework PHP kesayangan saya, Code Igniter.

Screenshot

Screenshot

Project selanjutnya yang sedang saya kerjakan adalah Digischool. Sebenernya project ini merupakan Tugas Akhir dari seorang senior saya angakatan 2004 di Sistem Informasi, terus diwariskan ke 2 orang senior saya dari angkatan 2005 yang hebat, yaitu Mas Muhak dan Mas Pur. Sampai akhirnya jatuh ke tangan saya sebagai pewaris ke-3 dari project ini.. hwahahaha..Dan peran saya di project ini adalah mengintegrasikannya dengan aplikasi-aplikasi Pemkot yang lain.

Screenshot

Screenshot

Project ini bisa dikatakan sebagai bagian dari Proyek Besar Pemkot Surabaya untuk mengintegrasikan semua aplikasi dari Dinas Pemkot yang berbeda-beda. Dan Digischool adalah perwujudan aplikasi dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya. Aplikasi ini menangani semua proses yang terjadi di Sekolah Dasar, mulai dari absensi siswa dan pegawai sampe bank soal. Nantinya, aplikasi ini akan terintegrasi dengan Dinas Kependudukan, Dinas Kemiskinan, dan Dinas Kesehatan. Contoh dari Goal dari poject ini adalah nantinya Pemkot bisa mendapat list siswa yang miskin sehingga dapat ditangani lebih lanjut.. Karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Dinas Kemiskinan. Project yang mulia bukan ? Dan saya sangat bersyukur dapat ambil bagian dari project ini. Thanks to Mas Muhak dan Mas Pur yang telah memberikan kepercayaan pada saya untuk meneruskan project ini.. Mohon bantuannya jika saya mengalami kesulitan.. hehe.

Sekian tulisan saya kali ini, doain moga-moga lancar dan sukses.. Semangat !


The Comting Project

December 28, 2008

Comting ??  Yup, this is my first Open Source Project.  COMTING (COMputer specificaTIoN Guide) adalah aplikasi ‘super’ sederhana yang bisa menjadi panduan terutama bagi orang yang awam komputer untuk memilih spesifikasi komputer yang pas buat mereka. Project ini merupakan tugas akhir saya untuk mata kuliah Algoritma dan Pemograman 2.

Aplikasi ini diharapkan dapat menentukan secara pas dan tepat spesifikasi komputer apa yang cocok buat user berdasarkan budget, minat dan hobi, pekerjaan, dll.

kaca-pembesar-copy

Comting ini bersifat Open Source, so temen – temen bisa mendownload secara bebas di official blog Comting di http://comting.wordpress.com. Selamat mencoba dan jangan lupa beri komentar, caci maki, saran, dan kritik tentang Comting.

Regards,

Glend a.k.a Entung, Comting Developer Team as Programmer