Emacs..

Ass. Wr. Wb..
Huff, akhirnya posting lagi setelah sekian lama gak posting…hehe. Jumpa lagi dengan entung disini, jangan bosen-bosen ya mentengin blog saya, meski blog ini jarang banget aku update..
Tugas dan tugas yang selalu menghantam waktu saya, membuat saya bahkan tidak sempat mengurusi diri saya sendiri. Akhir-akhir ini jarang mandi, jarang tidur, jarang makan, apalagi main kompie. Pengennya bolos kuliah, trus tidur sampe bener-bener puas….

Sabtu kemaren, maunya tidur seharian, eehh..ada kegiatan reboisasi di kampus..

Minggu kemaren juga ada praktikum… Sampe bokap yang jauh-jauh datang dari Sidoarjo, tidak sempat kutatap wajahnya, dan kuminta uangnya…=p

Protes-protes dari temen-temen juga sempat menghampiri…perkataan-perkataan seperti “Tung, blog-mu koq jarang kon isi se?”, atau seperti “Oi, tung, gak tau nge-blog maneh jeh??”,..sempet juga kedengar…

Oke..untuk menjawab rasa penasaran kalian dan untuk menuntaskan janji saya untuk menulis artikel lagi tentang teks editor di Linux, entung persembahkan artikel ini….


Pada postingan kali ini, saya akan “sedikit” membahas tentang Emacs, salah satu teks editor di Linux yang sangat luar biasa. Tapi koq cuma sedikit ??

Ya, faktor utamanya adalah tingkat kesulitan penggunaan emacs yang membuat saya pusing tujuh keliling..emacs, menurut saya adalah text editor yang sangat sulit dipelajari,jauh lebih sulit daripada vi dan tak jarang menjadi momok bagi para pemula Linux (termasuk saya)..
Ini menurut saya loh ya…Saya tau, ratusan dan bahkan jutaan orang di luar sana akan tertawa ngakak membaca perkataan saya ini…

Jadi sebenarnya, Faktor utamanya adalah keterbatasan saya sendiri dalam mempelajari sesuatu..
Oke,
Langsung ae..

Emacs mungkin adalah salah satu text editor tertua di dunia Open Source, jauh diciptakan sebelum Linux ada, diciptakan oleh pelopor Open Source sendiri, Richard Stallman sekitar tahun 19xx(lagi2 lupa, 1980an mungkin).. dan dibangun dengan bahasa LISP (liat buku PTI !!),

Salah satu keunggulan Emacs adalah kemampuan integrasinya. Anda dapat menggunakan emacs mulai sebagai editor C++ sampai Latex..

Buffer


Emacs menggunakan konsep Buffer dalam operasionalnya. Buffer ini dapat dikatakan sebagai tempat penyimpanan sementara berkas anda. Jadi ketika anda mulai menulis dengan emacs, sebenarnya anda mengetik dalam buffer, baru setelah anda menyimpan berkas anda ke dalam bentuk file, emacs akan menyalin ke media penyimpanan..Salah satu buffer yang sangat perlu untuk diketahui adalah buffer
tempat perintah kita dijalankan yang disebut minibuffer. Buffer ini terletak di bagian paling bawah dari emacs.
Berikut ini adalah gambaran mini buffer ketika saya mengetikkan perintah untuk membuka file. Untuk berpindah ke buffer semula (defaultnya adalah buffer tempat kita menulis) tekan enter.

Cara Kerja dasar
emacs menggunakan cara yang unik dalam pengoperasian perintah-perintah di dalamnya. Tidak seperti vi yang menggunakan dualMode dalam operasinya (baca artikel sebelumnya), Emacs menggunakan seperti shortcut key dalam menjalankan perintahnya.,Jadi, gak usah gonta-ganti mode kayak di vi, kalo mau nekan tombol perintah langsung tekan aja

gak usah basa-basi, open your Linux konsole lalu ketikkan : $ emacs

Untuk mengedit file yang sudah ada ketik : $ emacs nama_file
Tampilan di bawah ini adalah tampilan awal emacs dengan asumsi saya menggunakan Linux Debian (Debian taun berapa lupa aq, yang pasti udah lawas)

Hapus semua tulisan yang ada (cukup pake backspace). Lalu tulis tulisan anda…terserah temen2 mau nulis apa..

Yang perlu diperhatikan adalah, penggunaan Ctrl dan Alt dalam setiap perintahnya, dibawah ini merupakan contoh perintah dasar emacs. Sebenarnya, kombinasi tombol dibawah ini dapat temen2 gantikan dengan tombol arah pada keyboard. Akan tetapi, ada baiknya temen2 menggunakannya untuk mempercepat penulisan

Ctrl+b pindah satu karakter ke belakang (tekan Ctrl,tahan, lalu tekan b)
Ctrl+f pindah satu karakter ke depan
Ctrl+n pindah satu baris kebawah
Ctrl+p pindah satu baris keatas
Ctrl+a pindah ke awal baris
Ctrl+e pindah ke akhir baris
Alt+b pindah satu kata kebelakang
Alt+f pindah satu kata kedepan
Alt+} pindah satu paragraf kedepan
Alt+{ pindah satu paragraf kebelakang
Alt+a pindah satu kalimat kebelakang
Alt+e pindah satu kalimat kedepan
Ctrl+d Hapus karakter pada kursor
Alt+d Hapus sampai akhir dari kata aktual
Alt+v Satu layar kebawah (PgDn)
Alt+v Satu layar keatas (PgUp)
Alt+< Menuju Awal buffer
Alt+> Menuju akhir buffer
Ctrl+k Hapus hingga akhir baris
Ctrl+s Pencarian kedepan (tekan Ctrl+s terlebih dahulu, lalu ketikkan kata yang dicari)
Ctrl+r Pencarian kebelakang

Manajemen Berkas

Ctrl+x Ctrl+w : save as (tekan secara bergantian)
Setelah temen2 ketikkan perintah diatas akan muncul minibuffernya. Ketik nama filenya dan tekan enter

Ctrl+x Ctrl+w : save buffer
Ctrl+x Ctrl+f : membuka file
Untuk membuka file, masuk ke directory tempat filenya, buka emacs, lalu ketikkan perintah diatas.
Setelah temen2 ketikkan perintah diatas akan muncul minibuffernya. Ketik nama filenya dan tekan enter

Ctrl+x Ctrl+c : menutup emacs

Oke,  sampai disini dulu postingan saya, lain kali kita lanjutin pemahaman kita mengenai emacs seperti menulis bahasa C di emacs ataupun mencoba kesaktian emacs yang lainnya…
Jangan lupa ngasih komentar, saran, dan kritikan…ojo pujian ae,,gak maju-maju aku engko..Oke???

Kalo kurang jelas, bisa tanya.. sori kalo artikelnya rada mora-marit…kesusu iki…hehehe

udah yo…aku mau bikin Laporan Sisop,,

See ya !!!

6 Responses to Emacs..

  1. hoi says:

    Hop.
    Sakti dah………
    Entung nya juga sakti !!!

  2. arwahmonyet says:

    😯
    ga ngerti aq glen..!!!! T_T
    semangat trz ya.. bikin tutorial…

  3. entung says:

    @arwahmony : hehe..bahasannya terlalu berat ya..???Yowis lain kali aku ambil posting yang ringan-ringan aj …keep blogging !!!!!

  4. Kiki Ahmadi says:

    tambah sangar ae

    : )

    semangat semangat

    dan jangan lpa gabung jug-bonek

    http://tech.groups.yahoo.com/group/jug-bonek/

    hehehehehhehe

    sekalian promosi

  5. entung says:

    @kiki Ahmadi : suwon mas..aku wis daftar jug-bonek…
    sampeyan koordinatornya ya ..??Oke..keep blogging !!!

  6. SuperNOVA says:

    Keren Tung,,,
    Tp gak ngerti aku!mending jelasno langsung yo!^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: